Analisis Pemilihan Alternatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pasien pada Instalasi Gawat Darurat dengan Menggunakan Metode PROMETHEE di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Adnaan WD Payakumbuh

Afdesya, Nadya Farhana (2018) Analisis Pemilihan Alternatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pasien pada Instalasi Gawat Darurat dengan Menggunakan Metode PROMETHEE di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Adnaan WD Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_NADYA_FARHANA_AFDESYA_14059041_4972_2018.pdf] Text
final_B1_07_NADYA_FARHANA_AFDESYA_14059041_4972_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urutan alternatif-alternatif yang diprioritaskan dalam melayani pasien di ruangan instalasi gawat darurat (IGD) pada sebuah rumah sakit. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif (descriptive) yang menganalisis pengaruh beberapa variabel terhadap variabel lainnya. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis kualitas pelayanan di ruang instalasi gawat darurat pada rumah sakit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang pernah masuk instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Adnaan WD Payakumbuh. Sampel penelitian ini adalah 100 responden pasien yang berada di ruang instalasi gawat darurat pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Adnaan WD Payakumbuh. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan adalah Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE). Hasil penelitian ini menunjukkan alternatif-alternatif yang diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit adalah alternatif tingkat fasilitas kelengkapan peralatan yang dibutuhkan pasien ketika sampai di rumah sakit yang memiliki nilai net flow tertinggi yaitu 0,4583. Sedangkan alternatif yang terakhir untuk diprioritaskan adalah alternatif tingkat pelayanan dalam mendapatkan kepastian dari penunjang medis dengan nilai net flow -0.9167.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation, Alternatif, Kriteria
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:54
Last Modified: 30 Jul 2025 09:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18985

Actions (login required)

View Item
View Item