Peningkatan Pengenalan Lambang Bilangan Melalui Papan Angka di TK Budi Mulia Padang

Irmayani, Irmayani (2012) Peningkatan Pengenalan Lambang Bilangan Melalui Papan Angka di TK Budi Mulia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_IRMAYANI_50986_3914_2012.pdf] Text
final_B1_7_IRMAYANI_50986_3914_2012.pdf

Download (962kB)

Abstract

Kemampuan berhitung anak dikelas B1 rendah, metode yang digunakan guru kurang bervariasi dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak, kegiatan pembelajaran yang tidak menarik bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dan mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui permainan papan angka di TK Budi Mulia Padang.
Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak TK Budi Mulia Padang pada kelompok B1 yang berjumlah 20 orang pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya hasil penilaian anak diolah dengan teknik persentase.
Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I kemampuan berhitung anak rendah dan pada umumnya terlihat masih kurang baik sesuai dengan persentase dan tingkat keberhasilan. Dilanjutkan pada siklus II kemampuan berhitung anak menjadi lebih meningkat dan menunjukkan hasil yang positif terlihat dari persentase tingkat keberhasilan untuk setiap indikatornya, sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah di tetapkan,
Dengan demikian dapat disimpukan bahwa dari siklus I ke siklus II sudah mengalami peningkatan yang cukup berarti, hal ini membuktikan bahwa pengenalan lambang bilangan melalui papan angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak TK Budi Mulia Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung, Lambang bilangan, Papan angka, Penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:54
Last Modified: 30 Jul 2025 09:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18984

Actions (login required)

View Item
View Item