Peningkatan Konsep Bilangan Anak dengan Permainan Membentuk Kelompok di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan

Juita, Irmai (2014) Peningkatan Konsep Bilangan Anak dengan Permainan Membentuk Kelompok di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_IRMAI_JUITA_1107811_4463_2014.pdf] Text
final_B1_7_IRMAI_JUITA_1107811_4463_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan konsep bilangan anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pasar Baru Lakitan Pesisir seLatan masih rendah, hal ini terlihat ketika anak membilang dengan benda-benda 1-20, tidak sesuai jumlah benda yang disebutkan anak dengan jumlah benda yang sebenarnya. Dalam mengenal lambang bilangan anak masih belum mengenal angka 1-20, guru menyebutkan atau menunjukan angka 12 anak menyebutkan angka 13. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan konsep bilangan anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelompok B2 TK Aisyiyah Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan, yang berjumlah 20 orang, 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dukumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil penelitian tindakan kelas ini di setiap siklus peningkatan konsep bilangan anak dari kondisi awal pada umumnya kemampuan membilang anak masih rendah. Pada siklus I pencapaian nilai rata-rata kemampuan membilang anak meningkat, sedangkan pada siklus II peningkatan konsep bilangan anak meningkat dengan keberhasilan yang telah dicapai setiap aspek rata-rata tingkat keberhasilan melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan 75 persen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui permainan membentuk kelompok dapat meningkatkan konsep bilangan anak di kelompok B2 TK Aisyiyah Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep bilangan, Permainan membentuk kelompok, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:52
Last Modified: 30 Jul 2025 09:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item
View Item