Darni, Surya (2013) Peningkatan Kemampuan Pengenalan Sains Melalui Metode Experimen Menggunakan Bahan Alam di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_SURYA_DARNI_58776_3564_2014.pdf [thumbnail of B1_07_SURYA_DARNI_58776_3564_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_SURYA_DARNI_58776_3564_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan sains anak di PAUD Tunas Bangsa dalam membedakan benda padat dan cair, mengungkapkan hubungan sebab akibat dan menceritakan proses alamiah . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak, melalui metode eksperimen menggunakan bahan alam rumput laut, daun cincau, dan tepung tapioka. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun 17 orang di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dua siklus (6 kali pertemuan). Data dianalisis dengan rumus persentase P = F/N x100. Hasil penelitian: terdapatnya gambaran bahwa kemampuan pengenalan sains anak sudah meningkat. (1) terdapat peningkatan yang cukup tinggi dalam membedakan benda padat dan cair, (2) terdapat peningkatan yang cukup tinggi dalam menghubungkan sebab akibat, (3) dan dalam menceritakan proses alamiah, dengan persentase rata-rata anak SM 84%, M 14%, CM tinggal 2%, dan Kurang Mampu 0%. Melihat hasil penelitian ini, disarankan bagi guru PAUD agar melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui metode eksperimen menggunakan bahan alam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Science Ability, Experimental Methods, Natural Materials |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:47 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18952 |