Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas IV Sekolah Dasar: Penelitian Quasi Eksperimen di SDN 31 Pasir Kandang Kota Padang

Ameiftisa, Riri (2018) Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas IV Sekolah Dasar: Penelitian Quasi Eksperimen di SDN 31 Pasir Kandang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RIRI_AMELITISA_1300431_2239_2018.pdf] Text
final_B1_06_RIRI_AMELITISA_1300431_2239_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pkn, hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran PKn dan model yang digunakan guru kurang bervariasi dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 31 Pasir Kandang Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan design The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di SDN 31 Pasir Kandang Kota Padang. Kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa. Data diolah dengan menggunakan uji t (t-tes).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,75 dengan standar deviasi 223,157 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 62,48 dengan standar deviasi 229,644. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh sebesar 2,530 sedangkan 2,006, sehingga > . pada taraf nyata 0,05 sebesar Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 31 Pasir Kandang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model STAD, hasil belajar.
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:47
Last Modified: 30 Jul 2025 09:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18946

Actions (login required)

View Item
View Item