Nori, Helpi Sopia (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HELPI_SOPIA_NORI_1300421_3800_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_HELPI_SOPIA_NORI_1300421_3800_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HELPI_SOPIA_NORI_1300421_3800_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang, serta
melakukan penelitian yang dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn yang cenderung sumber
informasi hanya berasal dari guru. serta guru belum menghubungkan materi yang diajarkan
dengan lingkungan sekitar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil
belajar dalam pembelajaran PKn dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas
IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran PKn dengan pendekatan Contextual
Teaching and Learning di kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang dengan menggunakan
lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan siswa, lembar pengamatan hasil
belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota
Padang, siswa berjumlah 28 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan dua kali
pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I pertemuan 1 adalah
85,71%, siklus 1 pertemuan II adalah 89,28% pada siklus II meningkat menjadi 92,85%, (b)
Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I pertemuan 1 adalah 72,2% , siklus 1
pertemuan II adalah 83,4% meningkat menjadi 94,5% pada siklus II, pada aspek siswa siklus I
pertemuan I 55,5%, pada siklus I pertemuan II adalah 77,8% meningkat pada siklus II menjadi
88,9%, (c) Hasil belajar siswa pada siklus I 46,43 pada siklus II meningkat menjadi 92,86
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:50 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18940 |