Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema 7 menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas 1 SDN 05 Air Tawar Barat Padang

Fatmawati, Rini (2019) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema 7 menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas 1 SDN 05 Air Tawar Barat Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RINI_FATMAWATI_15129111_3715_2019.pdf] Text
final_B1_06_RINI_FATMAWATI_15129111_3715_2019.pdf

Download (891kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya proses pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 SDN 05 Air Tawar Barat Padang baik dari aspek aktivitas guru maupun aspek aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan peningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 7 menggunakan pendekatan saintifik di kelas 1 SDN 05 Air Tawar Barat Padang.
Jenis penelitian ini adalah PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan saintifik yang berkaitan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru, dan siswa kelas1yang berjumlah 27 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam: (a) RPP siklus 1 memperolehan nilai rata-rata 81,9 % (B) dan siklus 2meningkat menjadi 97 % (SB), (b) aspek aktivitas guru siklus I memperoleh nilai rata-ratanya 80 % (B) dan siklus 2 meningkat menjadi 92,8 % (SB), (c)aspek aktivitas siswa siklus 1 memperoleh nilai rata-ratanya 78 %(B) dan siklus 2 menjadi 92 % (SB).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran; pendekatan saintifik; tematik terpadu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:49
Last Modified: 30 Jul 2025 07:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item
View Item