Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing di Kelas V SDN 29 Ulak Karang Kota Padang

Hakim, Hazizul (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing di Kelas V SDN 29 Ulak Karang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HAZIZUL_HAKIM_1305061_202_2018.pdf] Text
final_B1_06_HAZIZUL_HAKIM_1305061_202_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan
guru kurang sesuai dengan yang diharapkan yaitu guru masih dominan
menggunakan pendekatan konfensional masih menggunakan metode ceramah dan
Tanya jawab. Akibatnya proses dan hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi
rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar
Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing
di kelas V SDN 29 Ulak Karang Kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus. prosedur penelitiannya meliputi perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa
kelas V SDN 29 Ulak Karang Kota Padang yang berjumlah 26 orang. Data
penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui
lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I pertemuan I adalah 85,7 %
dengan kualifikasi Baik (B), meningkat menjadi 89,2% dengan kualifikasi Sangat
Baik (SB) pada siklus I pertemuan II dan meningkat lagi menjadi 96,4% dengan
kualifikasi Sangat Baik (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru siklus I
pertemuan I adalah 80% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat menjadi 85%
dengan kualifikasi Baik (B) pada siklus I pertemuan II dan meningkat lagi
menjadi 97,5% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB) pada siklus II. Hasil
pengamatan aspek siswa siklus I pertemuan I adalah 67,5% dengan kualifikasi
Cukup (C), meningkat menjadi 80% dengan kualifikasi Baik (B) pada siklus I
pertemuan II dan meningkat lagi menjadi 87,5% dengan kualifikasi Sangat Baik
(SB) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 77,4
meningkat menjadi 82,2 pada siklus I pertemuan II dan meningkat lagi menjadi
96,3 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Snowball
Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di
Kelas V SDN 29 Ulak Karang Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:48
Last Modified: 30 Jul 2025 07:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18918

Actions (login required)

View Item
View Item