Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 52 Parupuk Tabing Padang

Febriani, Rindang (2013) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 52 Parupuk Tabing Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Rindang_ Febriani _11942_5591_2013.pdf] Text
final_B1_06_Rindang_ Febriani _11942_5591_2013.pdf

Download (770kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya nilai hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SD. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan belum berhubungan dengan kehidupan nyata siswa, guru masih kurang mengorganisasikan siswa untuk belajar dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa mencari informasi yang sesuai untuk memecahkan masalah, tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan belum sepenuhnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) bagi siswa kelas IV SD Negeri 52 Parupuk Tabing Padang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 52 Parupuk Tabing Padang dengan jumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, RPP Siklus I rata-rata 75% dan siklus II meningkat menjadi 89,3 %, aktivitas guru siklus I rata-rata 72,5 %, siklus II meningkat menjadi 90 %, aktivitas siswa siklus I rata-rata 72,5 %, siklus II meningkat menjadi 90 %, serta siklus I nilai tes hasil belajar kognitif 68,4, siklus II meningkat menjadi 82,4. Pada aspek afektif siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,50, siklus II meningkat menjadi 82,67. Pada aspek psikomotor siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,17, siklus II meningkat menjadi 82,33. Disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SD Negeri 52 Parupuk Tabing Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penjumlahan Pecahan, Pecahan Berpenyebut Berbeda, Problem Based Learning (PBL).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:47
Last Modified: 30 Jul 2025 07:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18914

Actions (login required)

View Item
View Item