Meningkatkan Hasil Belajar Musik Ansambel dengan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman

Situngkir, Agustinus (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Musik Ansambel dengan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AGUSTINUS_SITUNGKIR_48258_6707_2012.pdf] Text
final_B1_6_AGUSTINUS_SITUNGKIR_48258_6707_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode penemuan terbimbing pada Materi Musik Ansambel Dalam Pelajaran Seni Budaya Kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan subjek penelitian adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman pada semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 37 orang siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes di akhir siklus, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan teknik penafsiran skor acuan kriteria.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas XI materi Ansambel SMA Negeri 1 Pasaman setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Penemuan Terbimbing. Ketuntasan belajar siswa mencapai 48% pada siklus I dan pada siklus II meningkat manjadi 100%, sehingga ketuntasan hasil belajar dapat mencapai ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan Metode Penemuan Terbimbing hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Musik Ansambel
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:45
Last Modified: 30 Jul 2025 07:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18902

Actions (login required)

View Item
View Item