Putri, Rina Rahayu (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 10 Ulakan Tapakis Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RINA_RAHAYU_PUTRI_1209374_502_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_RINA_RAHAYU_PUTRI_1209374_502_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RINA_RAHAYU_PUTRI_1209374_502_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena guru belum variatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan siswa jenuh. Oleh karena itu dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar IPS dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri 10 Ulakan Tapakis Padang Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil pengamatan setiap tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) . Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa berjumlah 22 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada RPP, pelaksanaan dan hasil belajar. Pada siklus I rata-rata persentase penilaian RPP adalah 73,3 % dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,9 % dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dari pelaksanaan, siklus I aspek guru memperoleh rata-rata persentase 73 % dengan kualifikasi baik (B), siklus II memperoleh persentase 93% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dan aspek siswa siklus I memperoleh rata-rata persentase 70 % dengan kualifikasi baik (B), siklus II mengalami peningkatan menjadi 90 % dengan kualifikasi sangat baik (SB). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74,3 dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II adalah 84 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian, pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 10 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Contextual Teaching and Learning (CTL). |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18865 |