Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 33 Tanjung Sabar Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Musra, Levana (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 33 Tanjung Sabar Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_LEVANA_MUSRA_56713_5819_2017.pdf] Text
final_B1_06_LEVANA_MUSRA_56713_5819_2017.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar di SD Negeri 33 Tanjung Sabar dalam pembelajaran IPS ditemukan beberapa temuan yaitu (1) guru dominan menggunakan metode ceramah, (2) sering memberikan pelajaran secara klasikal, (3) kurang memberi motivasi kepada siswa yang berprestasi, (4) kurang memberi kesempatan siswa untuk berintegrasi dengan sesama teman. Sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V semester I TP 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari dua siklus. Selama pelaksanaan pembelajaran teman sejawat bertindak sebagai pengamat yang mencatat semua kegiatan guru dan siswa selama penelitian berlangsung. Hasil Penelitian yang telah dilakukan menunjuk nilai RPP pada awal siklus I adalah 51,3% dan akhir siklus II menjadi 90,5%. Penilaian aspek guru siklus I adalah 65,0% berkualifikasi cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 82,5% berkualifikasi sangat baik. Penilaian aspek siswa siklus I adalah 62,5% berkualifikasi cukup dan siklus II meningkat menjadi 90,0% berkualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif dan efektif, siklus I adalah 63,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,0. Penelitian dengan menggunakan model Talking Stick, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS, MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:10
Last Modified: 30 Jul 2025 06:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18861

Actions (login required)

View Item
View Item