Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang

Malini, Lena (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_LENA_MALINI_1308815_4906_2017.pdf] Text
final_B1_06_LENA_MALINI_1308815_4906_2017.pdf

Download (687kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang masih berpusat kepada guru, guru masih mengajar secara teacher center dan guru kurang melibatkan seluruh siswa dalam kegiatan berfikir menenemukan konsep dari materi yang akan di pelajarinya. Hal ini menyebabkan siswa lebih banyak menjadi pendengar pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS menggunakan model kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitianya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa dengan jumlah 25 siswa. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil pembelajaran IPS dengan model kooperatif tipe STAD di kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II yaitu : penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 76,78% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 92,82% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Aspek guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,78% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,87% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,43 dengan predikat C, meningkat pada siklus II menjadi 91,06 dengan predikat(SB). Dengan demikian model kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil proses belajar siswa di kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:09
Last Modified: 30 Jul 2025 06:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18856

Actions (login required)

View Item
View Item