Engreni, Vivi (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_VIVI_ENGRENI_1300704_871_2018.pdf [thumbnail of B1_07_VIVI_ENGRENI_1300704_871_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_VIVI_ENGRENI_1300704_871_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah yang ditemukan di Taman Kanak- kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Masalah yang ditemukan yaitu metode pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak kurang efektif. Sehingga kemampuan berbicara anak belum dapat berkembang secara optimal. Oleh karena itu, metode pembelajaran mind mapping ini memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang berbentuk Quasy Experiment. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang berbentuk Quasy Experiment dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping, metode pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 80,62 dan SD sebesar 6,58 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 78,12 dan SD sebesar 5,8. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 0,2763 dan ttabelsebesar 2,10092 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk= 18. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran mind mapping memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Kemampuan Berbicara Anak, Metode Pembelajaran, Anak Usia Dini, TK Fadhilah Amal 3, Stimulasi Bahasa, Media Visual, Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Anak, Kota Padang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 04:10 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18849 |