Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi Dan Virtual Laboratory Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa

Asda, Viola Dwicha (2021) Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi Dan Virtual Laboratory Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_VIOLA_DWICHA_ASDA_17035116_2285_2021.pdf] Text
B1_07_VIOLA_DWICHA_ASDA_17035116_2285_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 harus mengikuti perkembangan IPTEK. Salah satu contoh pemanfaatan IPTEK dalam dunia pendidikan yaitu penggunaan e-modul pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi multirepresentasi dan virtual laboratory pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua siswa kelas X MAN 2 Pesisir Selatan tahun ajaran 2020/2021 dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang memiliki validitas, daya pembeda, reliabilitas dan indeks kesukaran dengan kriteria soal baik. Data dianalisis menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai n-gain kelas eksperimen = 0,85 dan uji hipotesis didapatkan sig(2- tailed) < 0,05. Analisis data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan kata lain penggunaan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi multirepresentasi dan virtual laboratory pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Inkuiri Terbimbing, E-Modul, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:58
Last Modified: 30 Jul 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18847

Actions (login required)

View Item
View Item