Putri, Hasnatul (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Dengan Menggunakan Model Cooperative Script Di Kelas VI A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HASNATUL_PUTRI_1304963_469_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_HASNATUL_PUTRI_1304963_469_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HASNATUL_PUTRI_1304963_469_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah dasar bahwa rendahnya
keterampilan membaca intensif siswa. Pembelajaran membaca intensif di kelas VI
A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang dilatar belakangi karena proses
pembelajaran yang dilakukan guru belum maksimal memperhatikan siswa dalam
membaca dan langsung menugasi siswa yang berakibat siswa kesulitan dalam
memahami isi teks bacaan, membuat ringkasan, menanggapi informasi dari
kolom/rubrik khusus dan menjawab pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan keterampilan membaca intensif dengan model
Cooperative Script di kelas VI A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang pada
tahap prabaca,saatbaca dan pascabaca.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus yaitu siklus I dan siklus II
Subjek penelitian adalah peneliti selaku guru dan siswa kelas VI A SD Negeri 09
Koto Luar yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan
12 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan siswa dalam
membaca intensif dengan menggunakan model Cooperative Script dapat dilihat
pada siklus I adalah 68,9% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,5%. Pada
tahap prabaca siswa mendapatkan nilai rata-rata 76% dan meningkat pada siklus II
menjadi 93%. Pada tahap saatbaca siswa mendapatkan nilai rata-rata 61% dan
meningkat pada siklus II menjadi 91%. Dan pada tahap pascabaca siswa
mendapatkan nilai rata-rata 69,65% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,5%
Dengan demikian, model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan
membaca intensif siswa kelas VI SD
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Script, Keterampilan Membaca Intensif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:55 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18843 |