Ismarni, Ismarni (2013) Perbedaan Hasil Belajar Stenografi dengan Menggunakan Media Bervariasi dan Tanpa Media Bervariasi Siswa Kelas 2C SMK Negeri 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ISMARNI_05691_1223_2013.pdf [thumbnail of B1_5_ISMARNI_05691_1223_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ISMARNI_05691_1223_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media bervariasi dengan tanpa menggunaka media bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pariaman pada siswa kelas 2C
Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah kelas 2C SMK Negeri 2 Pariaman. Teknik penentuan sampel penelitian adalah total sampling yaitu semua populasi dijadikan sampel. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Z dengan α = 0,05.
Dari hasil penelitian, didapat rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen sebesar 89,19 dan kelas kontrol sebesar 82,97. Dari pengolahan data akhir uji normalitas dapat diketahui bahwa kelas eksperimen dari populasi terdistribusi normal Lo (Lhit)=0,131 < Ltab = 0,146 begitu juga dengan kelas kontrol Lo (Lhit) =0,122 < Ltab = 0,149. Jadi diperoleh kesimpulan kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas tes kedua sampel diperoleh Fhit = 1,71 dan Ftab = 1,77 maka dapat diketahui Fhit < Ftab dan disimpulkan bahwa kedua kelas sampel memiliki varians yang homogen. Dan berdasarkan perhitungan uji Z (Zhit) = 2,34 dan Ztab = 1,96 sehingga Zhit > Ztab maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan signifikan hasil belajar dengan menggunakan media bervariasi dengan tanpa media bervariasi siswa kelas 2C SMK Negeri 2 Pariaman.
Berdasarkan analisis data penulis menyarankan sebaiknya menggunakan media bervariasi dapat diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran stenografi dan kompetensi dasar mampu terampil menulis stenografi dengan cepat karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan dengan menggunakan media bervariasi ini siswa bisa memahami pelajaran bukan hanya sekedar dihafal, akan tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA BERVARIASI DAN TANPA MEDIA BERVARIASI |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:55 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18840 |