Neli, Agus (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD Negeri 47 Korong Gadang Kecamatan Kuranji. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AGUS_NELI_95541_4832_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_AGUS_NELI_95541_4832_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AGUS_NELI_95541_4832_2012.pdf
Download (426kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri di kelas V SD Negeri 47 Korong Gadang Kecamatan Kuranji pada tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan pengamatan penulis bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan di kelas V belum optimal dilaksanakan, karena guru hanya memberikan hafalan berupa konsep, guru belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif, serta guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini mempunyai dua siklus dan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 47 Korong Gadang dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA digunakan pendekatan inkuiri: langkah terdiri dari: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis atau jawaban sementara, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan masalah.
Hasil belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri dapat dilihat pada siklus I pertemuan I di peroleh nilai rata-rata 67,5, pada pertemuan II di peroleh nilai rata-rata siswa 71,2. Pada siklus II terjadi peningkatan dari pertemuan I hasil rata-rata nilai siswa yaitu 84, lebih baik pada pertemuan II perolahan hasil ratarata nilai siswa yaitu mengalami peningkatan 85,3. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18828 |