Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Biji-bijian di TK Kartika Bukittinggi

Dewi, Iratna (2011) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Biji-bijian di TK Kartika Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_IRATNA_DEWI_88493_973_2012.pdf] Text
final_B1_7_IRATNA_DEWI_88493_973_2012.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak pada TK Kartika Bukittinggi dalam berhitung. Banyak faktor yang diduga sebagai penyebabnya seperti pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak bervariasi, sehingga dalam belajar anak kurang bersemangat dan anak bosan. Kurangnya media/sarana penunjang yang dapat dijadikan sebagai media dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik perhatian anak untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam berhitung melalui permainan biji-bijian di TK Kartika Bukittinggi.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK Kartika Bukittinggi, kelompok B1 sebanyak lima belas orang anak yang terdiri dari sembilan laki-laki dan enam orang perempuan. Objek dalam penelitian ini pengenalan konsep berhitung pada Anak Usia Dini di TK Kartika Bukittinggi melalui permainan biji-bijian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan pengenalan konsep berhitung melalui permainan biji-bijian pada kondisi awal masih rendah, pada siklus pertama meningkat menjadi tinggi, dan pada siklus kedua meningkat menjadi sangat tinggi, anak sudah mengenal konsep berhitung. Artinya permainan biji-bijian terbukti dapat meningkatkan pengenalan konsep berhitung pada anak TK Kartika Bukittinggi.
Simpulan yaitu terdapatnya peningkatan perkembangan pengetahuan anak dalam mengenal konsep berhitung melalui permainan biji-bijian dari siklus ke siklus yaitu dari siklus pertama dengan tiga kali pertemuan dan siklus kedua dengan tiga kali pertemuan. Saran, media yang digunakan guru hendaknya menarik bagi anak supaya dalam proses pembelajaran anak tidak bosan dan malas melakukan kegiatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Permainan Biji-bijian, Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak, Bukittinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:50
Last Modified: 30 Jul 2025 03:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18825

Actions (login required)

View Item
View Item