Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar Dasar Teknik Digital Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batipuh

Saputra, Wonang (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar Dasar Teknik Digital Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_WONANG_SAPUTRA_1302419_2939_2017.pdf] Text
B1_05_WONANG_SAPUTRA_1302419_2939_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMKN 1 Batipuh yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital siswa Teknik Audio Video di SMKN 1 Batipuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre experimental dengan desain intact group comparison. Sampel penelitian yaitu kelas X TAV 2A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan kelas X TAV 2B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 80,71, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 75,79. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 2,442> 2,056, karena thitung besar dari ttabel,maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital siswa Teknik Audio Video di SMKN 1 Batipuh. Maka model pembelajaran Team Assisted Individ

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, Pembelajaraan Langsung, pre experimental, Hasil Belajar, Ekperimen, Kontrol.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:43
Last Modified: 30 Jul 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18822

Actions (login required)

View Item
View Item