Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa dengan Model Mind Mapping di Kelas V SDN 06 III Koto, Kabupaten Tanah Datar

Fitiriah, Ledi (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa dengan Model Mind Mapping di Kelas V SDN 06 III Koto, Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_LEDI_FITRIAH_1304942_548_2019.pdf] Text
final_B1_06_LEDI_FITRIAH_1304942_548_2019.pdf

Download (602kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis puisi siswa yang
masih rendah. Guru menyuruh siswa langsung menulis puisi tanpa menerapkan
tahap-tahap yang benar dalam menulis, sehingga siswa mengalami kesulitan
dalam memilih kata, merangkai kata dan mengaitkan dengan tema serta imaji
yang belum mendalam. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan
keterampilan menulis puisi dengan model mind mapping di kelas V SDN 06 III
Koto, Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis
penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru
dan siswa kelas V SDN 06 III Koto, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian
dilaksanakan dua siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan
lembar observasi dan tes. Prosedur penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) tahap pramenulis kegiatan
guru siklus I memperoleh persentase sebanyak 75% (B) pada siklus II dengan
persentase 100% (SB), kegiatan siswa siklus I memperoleh persentase sebanyak
75% (B) pada siklus II dengan pesentase 100%, dan nilai rata-rata kelas pada
siklus I sebesar 73 (B) menjadi 93 (SB), b) tahap menulis kegiatan guru siklus I
memperoleh persentase sebanyak 75% (B) pada siklus II dengan persentase 87%
(SB), kegiatan siswa siklus I memperoleh persentase sebanyak 75% (B) pada
siklus II dengan pesentase 100%, dan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 78
(B) menjadi 87 (SB), c) tahap pasca menulis kegiatan guru siklus I memperoleh
persentase sebanyak 75% (B) pada siklus II dengan persentase 100% (SB),
kegiatan siswa siklus I memperoleh persentase sebanyak 75% (B) pada siklus II
dengan pesentase 93% (SB), dan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73 (B)
menjadi 93 (SB). Dengan demikian model mind mapping dapat meningkatkan
keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 06 III Koto, Kabupaten Tanah
Datar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA, MODEL MIND MAPPING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:42
Last Modified: 30 Jul 2025 03:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18817

Actions (login required)

View Item
View Item