Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD N 08 Baringin Kecamatan Palembayan

Srizartuti, Elfi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD N 08 Baringin Kecamatan Palembayan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELFI_SRIZARTUTI_95244_4265_2012.pdf] Text
final_B1_6_ELFI_SRIZARTUTI_95244_4265_2012.pdf

Download (484kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis di kelas V SDN 08 Baringin Kecamatan Palembayan, pembelajaran didominasi oleh ceramah dan kegiatannya lebih berpusat pada guru. Guru kurang mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah model cooperative learning tipe numbered head together. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di kelas V SDN 08 Baringin Kecamatan Palembayan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran IPS dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 orang.
Hasil penelitian yang diperoleh pada pertemuan I siklus I persentase RPP 60,71%, pertemuan II siklus I 71,43% dan 96,43% pada siklus II. Aktivitas guru pada pertemuan I siklus I 59,62%, pertemuan II siklus I 73,08% dan pada siklus II 86,53%. Aktivitas siswa pertemuan I siklus I 57,69%, pertemuan II siklus I 75% dan 84,62% pada siklus II. Rata-rata kelas hasil belajar siswa pada pertemuan I siklus I aspek kognitif 67,50, afektif 65,13 dan psikomotor 70,50. Pada pertemuan II siklus I aspek kognitif 73,44, afektif 67,25 dan psikomotor 72. Pada siklus II rata-rata kelas aspek kognitif 84,69, afektif 72,19 dan psikomotor 91,81. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa penerapan model cooperative learning tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 08 Baringin Kecamatan Palembayan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Cooperative Learning, Numbered Head Together (NHT), IPS, RPP, Aspek kognitif, afektif, psikomotor, hasil.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:42
Last Modified: 30 Jul 2025 03:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18806

Actions (login required)

View Item
View Item