Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Tandur terhadap pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMPN 30 Padang.

Chania, Windy Putri (2016) Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Tandur terhadap pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMPN 30 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_WINDY_PUTRI_CHANIA_1201402_5141_2016.pdf] Text
B1_05_WINDY_PUTRI_CHANIA_1201402_5141_2016.pdf

Download (419kB)

Abstract

Rendahnya pencapaian kompetensi IPA siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran masih terpusat pada pendidik sehingga kurangya keterlibatan siswa dalam proses belajar dan LKS yang digunakan belum dapat memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Lembar Kerja Siswa berbasis TANDUR terhadap pencapaian kompetensi IPA siswa kelas VII SMPN 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomizes Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester 2 di SMPN 30 Padang pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling dan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan VII-2 sebagai kelas ekperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi Sikap untuk menilai kompetensi Sikap, tes tulis untuk kompetensi Pengetahuan, dan rubrik penskoran untuk kompetensi Keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata dan uji regresi serta korelasi. Hasil analisis data berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata pada kompetensi Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan secara berturut-turut dari kelas eksperimen, yaitu: 83,750; 76,132; dan 78,684. Kelas kontrol, yaitu: 79,044; 73,456; dan 77,132. Dari hasil uji kesamaan dua rata-rata pada kompetensi Pengetahuan diperoleh t hitung = 2,136 dan ttabel = 1,998; pada kompetensi Sikap diperoleh t hitung = 2,284 dan t tabel = 1,998; dan pada kompetensi Keterampilan diperoleh t hitung = 2,505 dan t tabel = 1,998. Pada ketiga kompetensi tersebut diperoleh t hitung >t tabel,berarti t hitung berada di luar daerah penerimaan Ho, sehingga Hi diterima.Tingkat hubungan nilai LKS dengan nilai kompetensi Pengetahuan adalah cukup kuat, dan pengaruh LKS sebesar 30,82%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis TANDUR memberikan pengaruh berarti pada taraf nyata 0,05 terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII SMPN 30 Padang pada Kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa; TANDUR; Kompetensi IPA; Pembelajaran IPA; SMPN 30 Padang; Kelas VII
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:26
Last Modified: 30 Jul 2025 03:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18797

Actions (login required)

View Item
View Item