Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi Secara Unisono di Kelas VII-5 SMP Negeri 22 Pekanbaru

Nabila, Rifa (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi Secara Unisono di Kelas VII-5 SMP Negeri 22 Pekanbaru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RIFA_NABILA_18232085_6059_2022.pdf] Text
final_B1_06_RIFA_NABILA_18232085_6059_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni budaya pada materi Bernyanyi Secara Unisono. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru seni budaya di kelas VII-5. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka: Buku Perpustakaan, jurnal dan sumberlainnya. Keduaobservasi berupa pengamatan peristiwa yang terjadi di lokasi penelitian. ketiga wawancara guru seni budaya yang mengajar. Keempat dokumentasi yaitu foto pelaksanaan pembelajaran, dan data-data yang diperlukan di sekolah. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan data primer dan sekunder kemudian disusun secara sistematis terakhir ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran bernyanyi secara unisono di kelas VII-5 SMP Negeri 22 Pekanbaru tidak semua yang dilaksanakan sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun oleh guru. Dalam pelasanaan pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran yaitu papan tulis dan buku pelajaran Seni Budaya Kelas VII-5. Strategi pembelajaran yang digunakan guru yaitu Discovery Learning (Kemampuan peserta didik dalam mencari sehingga dapat menemukan sendiri). Namun banyak diantara peserta didik belum mampu bernyanyi secara unisono sesuai dengan teknik-teknik yang ditetapkan. Dikarenakan minimnya penguasaan lagu yang dimiliki peserta didik. Menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaranbernyanyi secara unisono kurang maksimal. Penyebabnya adalah kurangnya penguasaan guru terhadap rencana pelaksanaanpembelajaran(RPP). Penyebab lainnya adalah kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran bernyanyi secara unisono sehingga siswa kurang terbimbing dalam melaksanakan praktik bernyanyi secara unisono di kelas VII-5.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bernyanyi Secara Unisono, Seni Budaya.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Musik-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:25
Last Modified: 30 Jul 2025 03:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18788

Actions (login required)

View Item
View Item