Arif, Mohd Abdul (2011) Pengaruh Faktor Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Syariah di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MOHD_ ABD_ ARIF_82975_2018_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_MOHD_ ABD_ ARIF_82975_2018_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MOHD_ ABD_ ARIF_82975_2018_2012.pdf
Download (421kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) Pengaruh motivasi terhadap keputusan menabung pada bank syariah (2) Pengaruh persepsi terhadap keputusan menabung pada bank syariah (3) Pengaruh pembelajaran terhadap keputusan
menabung pada bank syariah (4) Pengaruh sikap terhadap keputusan menabung pada bank syariah .Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kausatif,dimana penelitian ini
menggambarkan dan menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya.Populasi dalam penelitian ini adalah masyarkat Kota Padang yang belum memiliki tabungan bank syariah. Sampel penelitian ini diambil berjumlah 130 orang pengambilan secara convinience sampling. Data primer dalam penelitian ini
diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden, sedangkan data sekunder yaitu data yang terkait dengan objek penelitian yang disajikan oleh pihak lain. Teknik
analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan menggunakan regresi logistik (Regression Logistic).
Temuan penelitian ini adalah: (1) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap
keputusan menabung pada bank syariah (2) Persepsi tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan menabung pada bank syariah (3) Pembelajaran tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan menabung pada bank syariah (4) Sikap tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung pada bank syariah ..
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis menyarankan
pihak bank syariah meningkatkan promosi melalui media habit masyarakat, dan
edukasi pasar mengenai produk bank syariah, promosi mengenai produk bank syariah
baru menyentuh faktor psikologi secara holistic, namun kurang menyentuh faktor
psikologis secara parsial. Sehingga dengan memperhatiakan faktor psikologis
konsumen bisa meningkatkan keputusan menabung pada bank syariah tersebut,
karena faktor psikologis konsumen merupakan essential marketing penting
mempengaruhi konsumen namun tidak begitu tersentuh oleh pemasar bank syariah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:25 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18779 |