Pengaruh Aplikasi Adobe Flash CS.5 (Permainan Tebak Huruf Dan Kata) terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Taman Kanak Kanak Perwari II Padang

Sartika, Suci (2017) Pengaruh Aplikasi Adobe Flash CS.5 (Permainan Tebak Huruf Dan Kata) terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Taman Kanak Kanak Perwari II Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SUCI_SARTIKA_1305213_3185_2017.pdf] Text
B1_07_SUCI_SARTIKA_1305213_3185_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Perwari II Padang, peneliti menemukan fenomena bahwa kurangnya kemampuan membaca anak dalam kegiatan membaca terlihat masih ada anak yang belum dapat membaca, masih ada anak yang kesulitan dalam menyebutkan huruf, seperti huruf b dibaca huruf d dan sebaliknya. Hal ini sangat bertolak belakang dengan standar kemampuan bahasa yang harus dimiliki oleh anak usia 5-6 tahun yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aplikasi Adobe Flash CS.5 (Tebak Huruf dan Kata) terhadap kemampuan membaca di TK Perwari II Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimental. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-Kanak di TK Perwari II Padang yang berjumlah 24 orang yang terbagi dalam 2 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya Total Sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes lisan dan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 4 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa thitung sebesar 3,151dibandingkan dengan α 0,05 (ttabel, = 2,101) dengan derajat kebebasan dk (N1-1)+(N2-1)=18. Dengan demikian thitung > ttabel, yaitu 3,151 > 2,101, maka dapat dikatakan bahwa hipotesis Ha diterima atau H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari aplikasi Adobe Flash CS.5 (Tebak Huruf dan Kata) terhadap kemampuan membaca di TK Perwari II Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash CS.5, Permainan Edukatif, Tebak Huruf dan Kata, Kemampuan Membaca Anak, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran Interaktif, Literasi Dini, TK Perwari II, Pendidikan Anak, Kota Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:23
Last Modified: 30 Jul 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18755

Actions (login required)

View Item
View Item