Rinaldo, Willy (2013) Kontribusi Motivasi Belajar dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Kelas X RPL di SMK N 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_Willy_ Rinaldo_ 87671_5727_2013.pdf [thumbnail of B1_05_Willy_ Rinaldo_ 87671_5727_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_Willy_ Rinaldo_ 87671_5727_2013.pdf
Download (324kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih ada beberapa siswa kelas X RPL yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimum, walaupun rata – rata kelas telah melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran Kejuruan RPL. KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70,00 dengan rentangan 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi motivasi belajar dan sarana prasarana secara bersama - sama terhadap hasil belajar mata pelajaran Kejuruan RPL kelas X di SMK N 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai motivasi belajar dan sarana prasarana, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran Kejuruan RPL. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN 2 Padang Panjang sebanyak 72 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik acak (Simple Random Sampling) dengan menggunakan rumus Taro Yamane adalah diperoleh sampel sebanyak 42 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Program Statistik Product and Service Solution (SPSS) versi 17.0. Dari hasil penelitian didapatkan (1) Motivasi Belajar (X1) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 15 % (2) Sarana prasarana (X2) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 20.1 % dan (3) Besarnya persentase sumbangan variabel motivasi belajar (X1) dan Sarana prasarana (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 23.4 %. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Sarana prasarana, dan Kejuruan RPL. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18713 |