Layanan Sekolah Terhadap Anak Gangguan Bicara di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Kota Padang

Bukhaira, Suci Zara (2017) Layanan Sekolah Terhadap Anak Gangguan Bicara di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SUCI_ZARA_BUKHAIRA_1300740_5409_2017.pdf] Text
B1_07_SUCI_ZARA_BUKHAIRA_1300740_5409_2017.pdf

Download (14MB)

Abstract

Usia dini merupakan masa yang fundamental dalam kehidupan, karena pada masa ini seluruh aspek perkembangan manusia mulai dikembangkan salah satunya ialah aspek bahasa dan keterampilan berbicara. Namun perkembangan kemampuan berbicara setiap anak berbeda-beda, ada yang berkembang dengan kondisi normal, dan ada yang mengalami gangguan. Anak yang mengalami gangguan perkembangan bicara haruslah diberikan pelayanan khusus di lembaga pendidikan agar gangguan bicara yang dimilikinya dapat dilayani sesuai kebutuhannya. Salah satu cara pemberian layanan terhadap anak gangguan bicara ialah melalui pendidikan inklusi. Pendidikan Inklusi merupakan pendidikan yang mengintegrasikan anak berkebutuhan khusus dengan anak normal dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Layanan yang diberikan sekolah terhadap anak gangguan bicara di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Padang”. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penggunaan jenis penelitian desktriptif kualitatif ialah untuk mendeskripsikan layanan yang diberikan pihak sekolah terhadap anak usia dini yang mengalami gangguan bicara di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Padang. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Padang pada Bulan April 2017. Teknik pengujian keabsahan data yang peneliti gunakan ialah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan yang diberikan terhadap anak gangguan bicara diberikan oleh Guru Terapi PK – LK Tiji Salsabila Padang Guru Taman Kanak-Kanak tidak ikut berperan dalam memberikan rangkaian layanan terhadap anak gangguan bicara. Namun Guru Taman Kanak-Kanak tetap memberikan stimulasi terhadap kemampuan berbicara anak pada proses pembelajaran yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Sekolah, Gangguan Bicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:12
Last Modified: 30 Jul 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18674

Actions (login required)

View Item
View Item