Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division di Kelas V SDN 22 Manggung Kecamatan Pariaman Utara

SUPARLINA, FELLY (2016) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division di Kelas V SDN 22 Manggung Kecamatan Pariaman Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FELLY_SUPARLINA_1307202_792_2016.pdf] Text
final_B1_6_FELLY_SUPARLINA_1307202_792_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan dimana pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran berpusat kepada guru sehingga pembelajaran IPS belum sesuai dengan yang diharapkan sehingga nilai siswa rendah. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPS di kelas V SDN 22 Manggung Kecamatan Pariaman Utara. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan, dilakukan dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang di peroleh dari hasil pengamatan dan tes. Hasil Pengamatan RPP Siklus I = 80,35% sedangkan siklus II meningkat menjadi = 94,65%. Aktivitas Guru Siklus I = 73,2% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,47%. Untuk aktivitas peserta didik siklus I diperoleh 71,4% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,85%. Persentase nilai peserta didik yang diperoleh pada siklus I dengan ketuntasan 29,5% , rata rata 72.45. sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89% , Rata-rata 83,03. Pembelajaran menggunakan model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 22 Manggung Kecamatan Pariaman Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:43
Last Modified: 30 Jul 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18657

Actions (login required)

View Item
View Item