Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Game Edukasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V di SLB Perwari Padang

Afriyanti, Dian (2019) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Game Edukasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V di SLB Perwari Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DIAN_AFRIYANTI_15003008_5626_2019.pdf] Text
B1_2_DIAN_AFRIYANTI_15003008_5626_2019.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan membaca kata bagi anak
tunagrahita kategori ringan. Diawali dengan study pendahuluan yang dilakukan di
SLB Perwari Padang yang berada di kelas V/C1, dimana satu siswa berinisial MI yang
mengalami permasalahan dalam membaca kata. Terlihat saat peneliti melakukan
pengamatan pada satu kelas dimana terdapat tiga orang siswa. Saat melakukan proses
identifikasi di kelas IV/C1 tersebut, penulis menemukan seorang siswa yang berinisial
MI yang mengalami kesulitan membaca kata.
Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan
desain A-B-A. Kondisi baseline (A1) yaitu kemampuan awal anak dalam membaca
kata sebelum diberikan intervensi/ perlakuan. Kondisi intervensi (B) dimana anak
diberikan intervensi/ perlakuan dengan menggunakan media game edukasi,
sedangkan baseline (A2) kemampuan anak setelah diberikan intervensi/ perlakuan.
Target behavior dalam penelitian ini adalah anak mampu dalam membaca kata.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis visual dan
grafik (Visual Analisis Of Grafic Data).
Pada awal kondisi baseline (A1) untuk meningkatkan kemampuan membaca
kata dengan mean level yaitu 13, pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 65
dan pada kondisi baseline (A2) dengan mean level 88,75. Hasil analisis data dalam
kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan
stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan
membaca kata mengunakan media game edukasi yaitu meningkat/positif. Persentase
Overlape data pada kondisi baseline (A1) 0%, dan kondisi baseline (A2) adalah
37,5%. Dengan demikian hipotesis diterima, berarti media game edukasi dapat
meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak tunagrahita ringan kelas V/C1 di
SLB Perwari Padang. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat mengunakan
media game edukasi untuk meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak tungrahita ringan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:09
Last Modified: 30 Jul 2025 04:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18647

Actions (login required)

View Item
View Item