Siswanti, Dian (2012) Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah melalui Metode VAKT dengan Media Plastisin bagi Anak Tunagrahita Ringan (Single Subjeect Research kelas D4 di PLB Limas Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_DIAN ASISWATI_50904_5666_2012.pdf [thumbnail of B1_2_DIAN ASISWATI_50904_5666_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_DIAN ASISWATI_50904_5666_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan
disekolah PLB Limas Padang, seorang anak tunagrahita ringan belum bisa
membaca huruf hijaiyah. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan anak dalam membaca huruf dengan benar dan melihat
apakah metode VAKT dengan media plastisin efektif dalam mengatasi
permasalahan tersebut.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain A – B subjek penelitian adalah anak
tunagrahita ringan R kelas DIV/C. Penelitian dalam penelitian ini konsisten dan
mengukur banyaknya jumlah jawaban yang benar anak dalam membaca huruf
hijaiyah yang ada pada huruf hijaiyah yang disajikan dalam bentuk namber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak tunagrahita R
dalam membaca huruf hijaiyah meningkat awalnya pada kondisi baseline yang
dilakukan dalam tujuh kali pengamatan. Anak yang bisa menjawab 4 huruf yang
peneliti berikan pada 4 huruf tersebut terdapat huruf alif ( ١ ), ba (ب(, ta (ت( , Tsa
(ث(. Jadi pada kondisi baseline anak hanya bisa membaca huruf hijaiyah sampai
Tsa (ث( . Untuk kondisi intervensi tingkat perubahan kemampuan membaca huruf
hijaiyah semakin meningkat, yaitu anak bisa menjawab semua pertanyaan yang
peneliti berikan, artinya anak bisa membaca huruf hijaiyah yang peneliti batasi
sampai syin (ش(. dengan benar. Dengan demikian terbukti bahwa metode VAKT
dengan media Plastisin efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf
hijaiyah pada anak tunagrahita ringan R kelas D/V/C di PLB Limas Padang.
Berkaitan dengan hasil penelitian ini. Maka peneliti menyarankan kepada guru
untuk menggunakan metode VAKT dengan media Plastisin untuk pembelajaran selanjutnya
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18627 |