Risti S, Fella Anggelia (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Tipe Script Pada Pembelajaran TematikTerpadu di Kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FELLA_ANGGELIA_RISTI S_17129136_2356_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_FELLA_ANGGELIA_RISTI S_17129136_2356_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FELLA_ANGGELIA_RISTI S_17129136_2356_2021.pdf
Download (547kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik  pada pembelajaran tematik terpadu, dalam proses pembelajaran guru belum  menggunakan RPP sebagai panduan dalam kegiatan pembelajaran, guru lebih  mendominasi kegiatan pembelajaran karena masih berpusat pada guru atau  teacher centered, dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kurang aktif,  kurangnya keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat, belum  diterapkan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan peningkatan hasil peserta didik dengan model kooperatif  tipe Script di kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio yang meliputi; a)  Perencanaan; b) Pelaksanaan; dan c) Hasil Belajar.  
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang  bertujuan untuk meningkatkan profesional guru dalam mengajar serta  memperbaiki atau menyempurnakan keterampilan guru dalam melaksanakan  proses pembelajaran. Penelittian ini dilaksanakan di kelas V UPTD SDN 01 Solok  Bio-Bio, yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 kali  pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan dengan menggunakan  pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4  tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe Script. Subjek penelitian ini adalah guru dan  peserta didik kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio dengan jumlah 30 orang  peserta didik.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penilaian RPP siklus I dengan rata rata 85,22% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (Sangat Baik).  Penilaian aktivitas  guru pada siklus I dengan rata-rata 83,32% (Baik), meningkat  pada siklus II menjadi  94,44% (Sangat Baik). Penilaian aktivitas peserta didik  siklus I dengan rata-rata 81,94% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,44%  (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 74,54  (Perlu Bimbingan), meningkat pada  siklus II yaitu dengan rata-rata 85,80 (Baik).  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe  Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik  terpadu di kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | tematik terpadu, model pembelajaran kooperatif tipe Script, hasil belajar | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:30 | 
| Last Modified: | 30 Jul 2025 02:30 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18624 | 
 
         