Risti S, Fella Anggelia (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Tipe Script Pada Pembelajaran TematikTerpadu di Kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FELLA_ANGGELIA_RISTI S_17129136_2356_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_FELLA_ANGGELIA_RISTI S_17129136_2356_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FELLA_ANGGELIA_RISTI S_17129136_2356_2021.pdf
Download (547kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu, dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan RPP sebagai panduan dalam kegiatan pembelajaran, guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran karena masih berpusat pada guru atau teacher centered, dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kurang aktif, kurangnya keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat, belum diterapkan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil peserta didik dengan model kooperatif tipe Script di kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; dan c) Hasil Belajar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan profesional guru dalam mengajar serta memperbaiki atau menyempurnakan keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelittian ini dilaksanakan di kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio, yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Script. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio dengan jumlah 30 orang peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penilaian RPP siklus I dengan rata rata 85,22% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (Sangat Baik). Penilaian aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 83,32% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Penilaian aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata 81,94% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 74,54 (Perlu Bimbingan), meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata 85,80 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tematik terpadu, model pembelajaran kooperatif tipe Script, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18624 |