Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 25 Air Tawar Selatan Padang Utara Kota Padang

Husna, Elfi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 25 Air Tawar Selatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELFI_HUSNA_50737_1983_2014.pdf] Text
final_B1_6_ELFI_HUSNA_50737_1983_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPA di kelas IV SD. Disebabkan karena guru belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Keterbatasan media dan guru juga belum menerapkan metode ekspresimen, dan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar IPA dengan metode ekpresimen di kelas IV SDN 25 Air Tawar Selatan Padang Utara Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan II siklus dan setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata dari 75% menjadi 89,29%. Aktivitas guru dari 71,5% menjadi 87,12%, aktivitas siswa dari 70% menjadi 89,08%, serta hasil belajar siswa pada aspek kognitif siklus I memperoleh persentase skor rata-rata 67,5 mengalami peningkatan menjadi 87,63. Pada aspek afektif siklus I memperoleh persentase skor rata-rata 72% mengalami peningkatan menjadi 81,84%. Sedangkan untuk aspek psikomotor pada siklus I memperoleh persentase skor rata-rata 70,38% mengalami peningkatan menjadi 84,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen, Kelas IV.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:30
Last Modified: 30 Jul 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item
View Item