Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe GI Kelas V SDN 18 Air Tawar Padang

Nefira, Laonny Lafebra (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe GI Kelas V SDN 18 Air Tawar Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_LAONNY_LAFEBRA_NEFIRA_14129146_2019.pdf] Text
final_B1_06_LAONNY_LAFEBRA_NEFIRA_14129146_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bawa dalam proses pembelajaran guru lebih mendominasi. Guru hanya menjelaskan kemudian meminta siswa untuk mencatat kembali materi yang ada di buku paket. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari serta memperoleh pelajaran sendiri, sehingga siswa menjadi pasif. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model cooperative learning tipe GI kelas V SDN 18 Air Tawar Padang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 18 Air Tawar Padang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam segi : a) RPP siklus I dengan rata-rata 76,78% (B) menjadi 92,86% (A) pada siklus II, b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 79,69% (B) menjadi 93,75% (A) pada siklus II, sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 75% (C) menjadi 93,75% (A) pada siklus II c) Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 76,18 (B) menjadi 87,20 (A) pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah penggunaan model cooperative learning tipe GI pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 18 Air Tawar Padang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:45
Last Modified: 30 Jul 2025 01:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18613

Actions (login required)

View Item
View Item