Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Trapesium dan Layang-layang dengan menggunakan Model Cooperatitve learning tipe Students Team Akhievement Divisions ( STAD ) di kelas V SDN 16 Campago kota Bukittinggi)

Dewi, Afrisma (2013) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Trapesium dan Layang-layang dengan menggunakan Model Cooperatitve learning tipe Students Team Akhievement Divisions ( STAD ) di kelas V SDN 16 Campago kota Bukittinggi). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AFRISMA_DEWI_10487_1465_2013.pdf] Text
final_B1_6_AFRISMA_DEWI_10487_1465_2013.pdf

Download (572kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti pada SDN 16 CampagoIpuh KecamatanMandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, guru masih menggunakan paradigma lama, yaitu pembelajaran yang lebih mengedepankan proses tranfer pengetahuan dari guru ke siswa, yang membuat pembelajaran berpusat pada guru. Pembelajaran lebih bersifat konvensional sehingga menimbulkan rasa jenuh dan pasifnya siswa saat pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model cooperative tipe Students Teams Akhievement Divisions (STAD) yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanperencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar luas bangun datar trapesium dan layang-layang di kelas V SD Negeri 16 Campago Ipuh Bukittinggi.
Jenis penelitian yang peneliti laksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti di kelas V dan guru pengamat. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan yang dilaksanakan yaitu pertemuan I hari Selasa 30 Oktober dan pertemuan IIhari Selasa tanggal 6 November 2012. Sedangkan siklus II satu kali pertemuan yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 November 2012.
Dari hasil penelitian yang diperolehterlihat bahwa pada tahap perencanaan siklus I rata-rata adalah 82% dan pada siklus II rata-rata naik menjadi93%.Sedangkan pada tahap pelaksanaan siklus I rata-rata adalah 82.14%, dan pada siklus II ratarata naik menjadi 92,86% .Hasil belajar siklus I dari aspek kognitif rata-rata kelas adalah 70,08,naik menjadi 85,47 pada siklus II, aspek afektif pada siklus I 77,05 naik menjadi 85,28 pada siklus II, aspek psikomotor pada siklus I 72,41 naik menjadi 85,22 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Luas bangun datar trapesium dan layang –layang dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Students Teams Akhievemen Divisions ( STAD ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 16 campago Ipuh Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Cooperatitve learning tipe Students Team Akhievement Divisions ( STAD )
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:30
Last Modified: 30 Jul 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18609

Actions (login required)

View Item
View Item