Hikmah, Rezki Ayana (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas V SD Negeri 09 Pauh Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_REZKI_AYANA_HIKMAH_1304934_4328_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_REZKI_AYANA_HIKMAH_1304934_4328_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_REZKI_AYANA_HIKMAH_1304934_4328_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari observasi di SD Negeri 09 Pauh Kabupaten Pasaman, hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS masih rendah. Karena pada pembelajaran IPS guru belum menggunakan model pembelaran yang menarik, sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana rencana, pelaksanakan, dan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Quantum Teaching di kelas V SD.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi dan evaluasi (tes dan non-tes).
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dapat dilihat dari asepek: a) Perencanaan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 82 % (B), meningkat siklus II dengan nilai rata-rata 92 % (SB). b) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 91 % (SB), meningkat siklus II dengan nilai rata-rata 100 % (SB). Dari aspek siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 79 % (B), meningkat siklus II dengan nilai rata-rata 100 % (SB). c) Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 76,50 (B), meningkat siklus II dengan nilai rata rata 88,08 (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 09 Pauh Kabupaten Pasaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Quantum Teaching. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18592 |