Rinaldi, Rezi (2017) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Perbandingan dan Skala dengan Strategi Polya di Kelas V SDN 38 Kampung Baru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_REZI_RINALDI_1300443_4066_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_REZI_RINALDI_1300443_4066_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_REZI_RINALDI_1300443_4066_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak ditemukan kesulitan pada siswa dalam memahami permasalahan soal cerita perbandingan dan skala, sehingga siswa belum mampu menyelesaikan soal cerita tentang perbandingan dan skala. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita tentang perbandingan dan skala dengan strategi Polya.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 38 Kampung Baru Kota Padang yang berjumlah 19 orang. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes dengan menggunakan langkah-langkah strategi Polya yaitu memahami masalah, merencakan penyelesaian, pelaksanaan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil.
Hasil penelitian dari perencanaan RPP pada siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata 78,57% (B) meningkat menjadi 94,63% (SB) pada siklus II, pelaksanaan aspek guru pada siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata 75,00% (B) meningkat menjadi 93,75% (SB) pada siklus II, Sedangkan dari aspek siswa pada siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata 71,87% (B) meningkat menjadi 90,62% (SB) pada siklus II, hasil belajar siswa pada siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata 69,52 (C) meningkat menjadi 84,10 pada siklus II (SB). Dapat disimpulkan dengan strategi Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita tentang perbandingan dan skala di kelas V SDN 38 Kampung Baru Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Soal Cerita, Perbandingan dan Skala. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18588 |