Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Berprestasi Siswa: Studi Deskriptif Korelasional pada Siswa Mendapat Peringkat Tinggi di SMP N 1 VII Koto Sei. Sarik

Sari, Winda Permata (2013) Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Berprestasi Siswa: Studi Deskriptif Korelasional pada Siswa Mendapat Peringkat Tinggi di SMP N 1 VII Koto Sei. Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WINDA_PERMATA_SARI_04273_3324_2013.pdf] Text
B1_5_WINDA_PERMATA_SARI_04273_3324_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsep diri akademik yaitu penilaian individu dalam kegiatan akademiknyaseperti kemampuan kognitifnya dan kemampuan dalam mengerjakan tugas.Kenyataannya tidak semua siswa yang merasa kemampuan ademiknya sama denganteman sekelas termasuk siswa yang mendapat peringkat tinggi di kelas yang merekatempati, sehingga terlihat kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat dankurang termotivasi untuk lebih berprestasi lagi. Seharusnya siswa yang mendapatperingkat tinggi di kelas motivasi berprestasi yang lebih baik dari siswa yang lain.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional bertujuanmendeskripsikan konsep diri akademik dan motivasi berprestasi siswa sertamengetahui dan menguji apakah terdapat hubungan konsep diri akademik denganmotivasi berprestasi siswa SMP N 1 VII Koto Sungai Sarik. Subjek penelitianberjumlah 75 siswa diambil dari siswa yang mendapat peringkat tinggi di kelas yangditempatinya. Untuk melihat hubungan antara konsep diri akademik dengan motivasiberprestasi siswa digunakan teknik pearson product moment correlation melaluiprogram statistic SPSS for windows release 17.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa dari 75 siswa, 37,33% siswamemiliki konsep diri akademik baik dan 38,66% siswa memiliki motivasi berprestasitinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri akademik denganmotivasi berprestasi siswa SMP N 1 VII Koto Sungai Sarik dengan r hitung sebesar0,633 pada taraf signifikansi atau tingkat kepercayaan 1% dan r tabel sebesar 0,320 ,artinya semakin baik konsep diri akademik maka semakin tinggi motivasiberprestasinya dan sebaliknya semakin tidak baik konsep diri akademiknya makasemakin rendah motivasi berprestasinya.Berdasarkan hasil penelitian diharapkan siswa mampu meningkatkan konsepdiri akademiknya dan motivasi berprestasinya. Siswa yang konsep diri akademiknyakurang baik dan motivasi berprestasinya rendah perlu mendapat perhatian khusus danpelayanan dari guru BK dengan cara membantu siswa mengembangkan konsep diriakademik ke arah yang lebih baik dan meningkatkan motivasi berprestasinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONSEP DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:33
Last Modified: 30 Jul 2025 01:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18580

Actions (login required)

View Item
View Item