Gusan, Winda (2013) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web pada Konsep Besaran Fisika dan Pengukurannya untuk Pembelajaran Siswa Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WINDA_GUSAN_12711_951_2013.pdf [thumbnail of B1_5_WINDA_GUSAN_12711_951_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WINDA_GUSAN_12711_951_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang dapat digunakan untukmembantu guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkanperkembangan zaman dan kemajuan teknologi, bahan ajar cetak dapat digantidengan bahan ajar berbasis web. Bahan ajar berbasis web merupakan bahan ajaryang dapat mengintegrasikan fenomena fisika melalui video atau animasi. Tujuanumum dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis web yang valid,praktis dan efektif. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengetahui tingkatvaliditas desain produk bahan ajar berbasis web, mengetahui kepraktisan bahanajar berbasis web dan mengetahui efektifitas bahan ajar berbasis web pada konsepbesaran fisika dan pengukurannya untuk pembelajaran fisika siswa SMA kelas X.Jenis penelitian ini termasuk Research and Development (R&D). Desainpenelitian yang dilakukan adalah desain eksperimen before-after dan sebagaiobjek penelitian ada dua yaitu pertama bahan ajar berbasis web, kedua siswa kelasX1 SMA Adabiah 1 Padang yang berjumlah 20 orang. Prosedur penelitian yangdilakukan meliputi: mengenal potensi dan masalah, mengumpulkan informasi,mengembangkan desain produk, memvalidasi desain, merevisi desain, danmenguji coba produk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembarvalidasi oleh dosen, lembar praktikalitas, dan lembar hasil belajar. Analisis datayang digunakan yaitu skala likert, analisis deskriptif, dan analisis perbandingankorelasi.Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata validasiproduk oleh dosen 78,805 yang menggambarkan bahan ajar berbasis web yangdihasilkan berada pada kriteria valid. Hasil analisis data lembar praktikalitas olehguru adalah 89,35 berada pada kategori sangat praktis, sedangkan hasilpraktikalitas oleh siswa adalah 84,19 berada pada kategori sangat praktis. Hasil ujikeefektifan diperoleh dari kompetensi siswa sebelum dan sesudah pembelajaranyang menunjukkan peningkatan kompetensi siswa. Nilai t hitung > t tabel , artinyabahan ajar berbasis web efektif digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas XSMA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR BERBASIS WEB, KONSEP BESARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:36 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18522 |