Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kabupaten Kaur

Persawan, Tendi (2020) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kabupaten Kaur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_TENDI_PERSAWAN_14088143_91_2020.pdf] Text
B1_01_TENDI_PERSAWAN_14088143_91_2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini diduga rendahnya hasil belajar siswa SMPN
14 Kabupaten Kaur dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran penjaske
mungkinan disebabkan oleh beberapa factor diantaranya kuranganya motivasi
siswa dalam belajar.Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan siswa SMP Negeri 14 KabupatenKaur.
Jenis penelitian adalah korelasional.Populasi dalam penelitian ini yaitu
jumlah populasi pada penelitian kelas VIII (129) Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling sebesar 20%. Dengan demikian sampel
dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 26 orang. Data dianalisis dengan statistic
deskriptif dan inferensial dengan rumus korelasional sederhana dan ganda.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: Terdapat hubungan yang
berarti (signifikan) motivasi belajar terhadap hasil belajar penjasorkes pada siswa
SMP Negeri 14 Kabupaten Kaur, dengan analisisrhitung 0,417>rtabel 0,388dan
diterima kebenarannya secara empiris.
Motivasi merupakan sebagai proses yang mengciptakan tindakan dan tujuan
dan disadari didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang
memberihkan pada arah kegiatan belajar untuk mencapai suatu tujuan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:41
Last Modified: 17 Feb 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item
View Item