Zanti, Jusri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Penyebut Berbeda dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JUSRI_ ZANTI_ NIM_ 57163_362_2013.pdf [thumbnail of B1_6_JUSRI_ ZANTI_ NIM_ 57163_362_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JUSRI_ ZANTI_ NIM_ 57163_362_2013.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SD Negeri
10 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini terjadi karena pada
pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda guru masih
menggunakan metode konvensional dan tidak beranjak dari permasalahan nyata
yang dekat dengan siswa, yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan
RME. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan RME.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Yang meliputi 4 tahap dan
dilaksanakan dalam dua siklus dengan 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian
adalah lembar penilaian RPP, lembar pengamatan dan lembar tes. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 10 Sungai Aur
Kabupaten Pasaman Barat.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat
dilihat dari: a) Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I persentase perolehan
70 kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 89 kriteria sangat baik, b)
pelaksanaan pembelajaran siklus I dari aspek guru memperoleh 72 kriteria cukup
meningkat pada siklus II menjadi 93 kriteria sangat baik, dari aspek siswa pada
siklus I memperoleh 66 kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 88
kriteria sangat baik, c) hasil belajar pada siklus I memperoleh 67,1 meningkat
pada siklus II menjadi 81,6. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME dapat
meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV
SD Negeri 10 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:35 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18513 |