Amperami, Jus (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 03 Kampung Batu Dalam Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JUS_AMPERAMI_09952_2761_2012.pdf [thumbnail of B1_6_JUS_AMPERAMI_09952_2761_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JUS_AMPERAMI_09952_2761_2012.pdf
Download (911kB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan kepada pengalaman peneliti dalam pembelajaran IPS,guru dominan menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran IPS, kurang mengaktifkan siswa, kurang membimbing siswa dalam
belajar kelompok dan bekerjasama dalam menemukan informasi materi pelajaran serta memotivasi siswa dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa tidak aktif,bosan, kurang motivasi belajar dan kurang bertanggung jawab dalam kelompok.Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan dalam pembelajaran, salah satunya Cooperative
Learning Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Kampung Batu Dalam Solok dalam pembelajaran IPS
dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian yang dilaksanakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa data perencanaan pembelajaran, aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru (praktisi) kelas IV SDN 03 Kampung Batu Dalam Solok tahun ajaran 2011/2012 berjumlah sebanyak 31 orang.Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kepala sekolah sebagai observer.
Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1, nilai rata-rata kognitif adalah 66,7,afektif 64,4 dan psikomotor 68,4. Siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan nilai
rata-rata kognitif menjadi 70,2, afektif 71,1 dan psikomotor 73. Siklus II pertemuan 1 rata-rata nilai kognitif adalah 76,4, afektif 75,8 dan psikomotor 76,8. Pada siklus II
pertemuan 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kognitif menjadi 81,6,afektif 79,8 dan psikomotor 81,1
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:34 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18504 |