Analisis Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan oleh Mahasiswa Geografi pada Program Asistensi Mengajar Internasional di Malaysia

Zebua, Anna Mariana (2023) Analisis Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan oleh Mahasiswa Geografi pada Program Asistensi Mengajar Internasional di Malaysia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Anna_Mariana_Zebua_19045058_2986_2023.pdf] Text
B1_01_Anna_Mariana_Zebua_19045058_2986_2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan Internasional melalui Program
Asistensi Mengajar Internasional merupakan salah satu program yang dilaksanakan
oleh
Departemen Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi dalam
mengembangkan kemampuan mahasiswa dan pengalaman nyata dalam dunia
pendidikan lintas negara. Asistensi Mengajar Internasional terkait dengan proses
pembelajaran kolaboratif dalam mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara
menjadi guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pelaksanan program asistensi mengajar yang berlangsung di Malaysia selama satu
bulan lebih di mulai dari tanggal 19 desember 2022 sampai tanggal 8 februari 2023.
Penempatan mahasiswa program studi pendidikan geografi berada di 3 sekolah yang
berbeda yaitu SMK Proton City, SMK Methodist, dan SMK Khir Johari yang berada
di daerah Tanjong Malim, Perak, Malaysia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian mix method. Sampel yang digunakan
adalah mahasiswa program studi Pendidikan Geografi Angkatan 2019. Teknik dalam
pengumpulan data adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data
menggunakan menggunakan statistik deskriptif melalui pengolah data menggunakan
Microsoft Office Excel. Adapun kriteria persentase tingkat keberhasilan dalam
pelaksanaan Program Asistensi Mengajar Internasional antara lain: 1) Sangat
Menguasai berada pada interval 84%-100%, 2) Menguasai terdapat pada kategori
68%-83%, 3) Kurang Menguasai 52%-67%, 4) Tidak Menguasai 36%-51%, dan 5)
Sangat Tidak Menguasai 20%-35%. Untuk data kualitatif menggunakan teknik
analisis triangulasi data yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, dan triangulasi
teori
Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa menguasai praktek mengajar yang
ditunjukkan dengan angket persepsi murid di tiga sekolah yang berbeda masing
masing berada pada tingkat menguasai yaitu SA 88%, AMZ 89%, RL 89%, dan MNZ
89%. Sedangkan persentase setiap aspek adalah 1) Pembuatan RPH berada pada
kategori sangat menguasai yaitu 84%, 2) Persediaan dan Set Induksi berada pada
kategori sangat menguasai yaitu 88%, 3) Langkah 1 dan Langkah 2 masing-masing
pada kategori sangat menguasai yaitu 87.1%-88.2%, dan 4) Penutup dan Penilaian
berada pada kategori menguasai yaitu 91.4% dan 90%. Sedangkan berdasarkan
wawancara terhadap beberapa informan menunjukan pelaksanaan Program Asistensi
Mengajar Internasional berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:35
Last Modified: 17 Feb 2025 01:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item
View Item