Pendapat Siswa tentang Layanan Orientasi yang Diberikan Guru BK

Fadli, Wahyu Rahmad (2017) Pendapat Siswa tentang Layanan Orientasi yang Diberikan Guru BK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_WAHYU_RAHMAT_FADLI_96130_1677_2017.pdf] Text
B1_05_WAHYU_RAHMAT_FADLI_96130_1677_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena tentang pendapat siswa yang berkaitan dengan layanan orientasi, yaitu siswa tidak memahami layanan orientasi bimbingan dan konseling, siswa tidak memahami manfaat layanan orientasi setelah diberikan layanan orientasi oleh guru BK. Hal ini membuat siswa sebagian besar tidak memahami layanan orientasi. Pendapat adalah suatu pernyataan sikap yang merupakan hasil pemikiran, evaluasi terhadap suatu objek, orang atau peristiwa yang masih bisa berubah. Layanan orientasi yaitu layanan bimbingan yang dilakukan untuk memperkenalkan siswa baru dan atau seseorang terhadap lingkungan yang baru dimasukinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang layanan orientasi yang diberikan guru BK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII di SMA Negeri 2 Lubuk Sikaping dengan jumlah 560 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. Instrumen atau alat yang digunakan berbentuk angket atau kuesioner dengan model skala Likert. Untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang layanan orientasi yang diberikan guru teknik analisis statistik deskriptif, dan untuk melihat pendapat siswa tentang layanan orientasi digunakan rumus Mean SD (Standar Deviasi) dengan menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2007 for Windows 7. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa, 1) Pendapat siswa tentang layanan orientasi yang diberikan guru BK yang tertinggi 41,67% berada pada kategori cukup baik, 2) Dalam indikator tujuan layanan orientasi yang tertinggi 70,24% pada kategori cukup baik, 3) Dalam indikator manfaat layanan orientasi yang tertinggi 63,1% pada kategori cukup baik. 4) Hal ini dapat ditemukan dalam indikator materi layanan orientasi pada bidang bimbingan pribadi yang tertinggi 77,38% pada kategori cukup baik. 5) Dalam indikator materi layanan orientasi pada bidang bimbingan sosial yang tertinggi 77,38% pada kategori cukup baik. 6) Dalam materi layanan orientasi pada bidang bimbingan belajar yang tertinggi 79,76% pada kategori cukup baik. 7) Dalam indikator materi layanan orientasi pada bidang bimbingan karir yang tertinggi 77,38% pada kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: endapat, Layanan Orientasi
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:27
Last Modified: 29 Jul 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18469

Actions (login required)

View Item
View Item