Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Mengunakan Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle di Kelas IV SDN 03 Simpang Haru Padang.

Juniar, Juniar (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Mengunakan Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle di Kelas IV SDN 03 Simpang Haru Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JUNIAR_15669_5334_2014.pdf] Text
B1_6_JUNIAR_15669_5334_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan dalam pembelajaran siswa tidak diberi kesempatan berbagi dan bertukar informasi sehingga pembelajaran menjadi pasif
dan membosankan. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative
Learning Tipe Inside Outside Circle di Kelas IV SDN 03 Simpang Haru Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan di SDN 03 Simpang Haru Padang dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Panduan penelitian terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penilaian perencanaan siklus I pertemuan I 79,17, pertemuan II 87,50 dan siklus II 95,38, aktivitas guru siklus I 63,33,
pertemuan II 81,66 dan siklus II 85,00, aktivitas siswa siklus I pertemuan I 68,33,pertemuan II 75,00 dan siklus II 88,33. Hasil belajar siswa siklus I kognitif pertemuan I 54,50 pertemuan II 66,00 dan, afektif pertemuan I 71,88, pertemuan II 70,62, dan psikomotor pertemuan I 65,62, pertemuan II 76,03 dan siklus IIkognitif 81,25, afektif 82,81 dan psikomotor 81,76. Rata-rata hasil belajar siklus I
68,43 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,93. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Simpang Haru Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:27
Last Modified: 29 Jul 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18464

Actions (login required)

View Item
View Item