Peningkatan Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SDN 01 Maninjau

Putri, Junia Eka (2012) Peningkatan Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SDN 01 Maninjau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JUNIA_EKA_PUTRI_50583_3620_2012.pdf] Text
B1_6_JUNIA_EKA_PUTRI_50583_3620_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2011 di kelas IV SDN 01 Maninjau menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih dilaksanakan secara konvensional. Dimana dalam proses pembelajaran guru mendominasi pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini
menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk itu diadakanlah penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui metode inkuiri.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur
penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Maninjau. Keberhasilan pada siklus I
aspek kognitif 70,9%, aspek afektif 74,2%, dan psikomotor 74,5%, Peneliti lanjutkan pada siklus II aspek kognitif 91,8%, aspek afektif 79,8%, dan psikomotor 79,5%. Rekapulasi hasil belajar siklus I adalah 74,1 meningkat
menjadi 83,5 pada siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan pendekatan inkuiri perlu diterapkan
dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:25
Last Modified: 29 Jul 2025 09:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18454

Actions (login required)

View Item
View Item