Netril, Juni (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Strategi Pertanyaan Menggali bagi Siswa Kelas V SDN 44 Padang Mardani Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JUNI_NETRIL_52432_1725_2016.pdf [thumbnail of B1_6_JUNI_NETRIL_52432_1725_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JUNI_NETRIL_52432_1725_2016.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar dalam
pembelajaran khususnya berbicara sering mendapatkan nilai rendah. Dalam proses
pembelajaran siswa tidak berani jika disuruh berbicara di depan kelas karena
merasa takut dan malu. Selain itu strategi Pertanyaan Menggali ini jarang
digunakan oleh guru dalam pembelajaran berbicara mata pelajaran Bahasa
Indonesia di SD. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan
keterampilan berbicara dengan strategi Pertanyaan Menggali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V
dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menggali dilaksanakan meliputi empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian
ini berupa data rencana pembelajaran, aktifitas siswa dan hasil belajar
keterampilan berbicara siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V
SDN 44 Padang Mardani.
Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan strategi Pertanyaan
Menggali dalam proses pembelajaran dapat meningkat dalam 2 siklus
pembelajaran mulai dari perancanaan, pelaksanaan dan hasil kemampuan
berbicara siswa kelas V SDN 44 Padang Mardani. Hal ini dapat dilihat dari hasil
penilaian RPP siklus I 75% dan siklus II 87,5%. Hasil penilaian aktivitas guru
siklus I dengan skor 65,9% dan siklus II dengan skor 88,6%. Pada aktivitas siswa
siklus I memperoleh skor 65,9% dan skor peroleh aktivitas siswa pada siklus II
adalah 86,4%. Aspek penilaian berbicara siklus I memperoleh hasil 68,8% dan
pada siklus II meningkat menjadi 79,3%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini
dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan
menggunakan strategi Pertanyaan Menggali dapat meningkatkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18444 |