Agustin, Elfi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SD Negeri 14 Andaleh Kecamatan Matur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELFI AGUSTIN_95253_4279_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELFI AGUSTIN_95253_4279_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELFI AGUSTIN_95253_4279_2012.pdf
Download (465kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di kelas V SDN 14 Andaleh, siswa belum aktif dalam pembelajaran. Guru cenderung menggunakan ceramah, guru lebih dominan dalam pembelajaran. Siswa cenderung pasif, berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang dianggap mampu mengatasi permasalahan tersebut adalah eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen di kelas V SDN 14 Andaleh Kecamatan Matur.
Jenis penelitian ini adalah PTK, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian dari proses pelaksanaan tindakan melalui pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran IPA dengan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah observer, peneliti dan siswa kelas V yang berjumlah 17 orang.
Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Persentase RPP siklus I 71,42% (cukup) dan siklus II 96,43% (sangat baik). Aktivitas guru siklus I 63,46% (cukup) dan siklus II 84,62% (sangat baik). Aktivitas siswa siklus I 57,69% (cukup) dan siklus II 88,46% (baik). Rata-rata hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotor) siklus I 69,45 dan pada siklus II 75,78. Kesimpulan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas V SDN 14 Andaleh Kecamatan Matur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, metode eksperimen, kontekstual, Pengembangan kompetensi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QE Geology Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:20 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18419 |