Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat

Maslawati, Harita (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HARITA_MASLAWATI_1308811_4958_2017.pdf] Text
final_B1_06_HARITA_MASLAWATI_1308811_4958_2017.pdf

Download (562kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi bahwa pembelajaran IPS belum sesuai dengan
konsep yang diharapkan. Guru dalam pembelajaran IPS pada umumnya masih
mengajar secara teacher center. Hal ini menyebabkan siswa lebih banyak menjadi
pendengar pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar siswa
menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran IPS
dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan
Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV
SD Negeri 05 Bandar Buat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 05 Bandar
Buat dengan jumlah 30 orang, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian
dilaksanakan sebanyak II Siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II
satu kali pertemuan dengan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan
tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam perencanaan,
pelaksanaan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Penilaian RPP siklus
I rata-rata 79%, pada siklus II rata-rata 93%. Penilaian pelaksanaan dari aktivitas
guru pada siklus I rata-rata 76%, pada siklus rata-rata II 93%. Aktivitas siswa
pada siklus I rata-rata 74%, pada siklus II 93%. Penilaian hasil belajar siswa pada
siklus I pertemuan I rata-rata 74, pada pertemuan II rata-rata 78 sedangkan pada
siklus II pertemuan I rata-rata 87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning
(CTL) di Kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:19
Last Modified: 29 Jul 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18406

Actions (login required)

View Item
View Item