Febriyeni, Febriyeni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning tipe STAD di Kelas V SDN 26 Teluk Bayur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FEBRIYENI_09546_5284_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_FEBRIYENI_09546_5284_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FEBRIYENI_09546_5284_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dalam pembelajaran IPS yang belum  disajikan dengan cara yang menarik, menantang minat siswa, dan serta kurang  menghubungkan materi yang pelajaran dengan kehidupan yang dekat dengan  siswa maka berdasarkan kenyataan peneliti di SDN 26 Teluk Bayur bahwa dalam  pembelajaran IPS masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah, tanya  jawab dan menghafal fakta yanga ada. Maka pengembangan aspek kognitif,  afektif dan psikomotor siswa masih kurang berkembang dengan baik dan standar  ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan  penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran  IPS dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe  STAD di kelas V SDN 26 Teluk Bayur kecamatan Padang Selatan kota Padang.   
Jenis  penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan  menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan  dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,  pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi peolaksanaan  pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperatife learning tipe STAD di  kelas V SDN 26 Teluk Bayur Kota Padang.  
Hasil penelitian peningkatan RPP: siklus I pertemuan I 82,1%, meningkat  menjadi 89,28%, pada siklus I pertemuan II, meningkat menjadi 96,4% pada  siklus II. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru siklus I  pertemuan I 72%, meningkat menjadi 81, 25% pada siklus I pertemuan II,  meningkat menjadi 94% pada siklus II. Peningkatan pelaksanaan dari aspek  siswa: 72% siklus I pertemuan I, meningkat menjadi 75%, pada siklus I  pertemuan II, meningkat menjadi 94% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar  siswa dalam aspek kognitif: siklus I pertemuan I 67%, meningkat menjadi 72%  pada siklus I pertemuan II, meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan  hasil belajar siswa dalam aspek afektif: siklus I pertemuan I 66% meningkat  menjadi 67%, pada siklus I pertemuan II, meningkat menjadi 76% pada siklus II.  Peningkatan hasil belajar siswa dalam aspek psikomotor: siklus I pertemuan I  59% meningkat menjadi 65% pada siklus I pertemuan II, meningkat menjadi 75%  pada siklus II.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, cooperative learning tipe STAD, hasil belajar siswa | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:18 | 
| Last Modified: | 29 Jul 2025 09:18 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18393 | 
 
         